jump to navigation

SK&KD IPA 9 (baru)

PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

 

Mata Pelajaran            : Pengetahuan Alam (IPA)

Satuan Pendidikan      : SMP

Kelas                           : IX

Tahun Pelajaran          : 2009/2010

Kurikulum                    : STANDAR ISI

 

 

 

SEM

 

STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR

Perkiraan

Alokasi Waktu

 

KET

 

 

G  A   S   A   L

 IPA BIOLOGI  

 

 

 Waktudihitung menggunakan satuan Jam Pelajaran (JP)

40 menit

  1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia

 

 

 

1.1  Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan

6

 

1.2  Mendeskripsikan sistem reproduksi dan penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada manusia

 

 

6

1.3  Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan 

 

 

 

6

 

 IPA FISIKA

 

 

 3.    Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

3.1    Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari

8

 

 

 

3.2    Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian  serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

8

 

 

 

3.3    Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

6

 

 

 

3.4    Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari 

6

 

4.   Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

4.1    Menyelidiki gejala kemagnetan dan cara membuat magnet

8

 

 

4.2    Mendeskripsikan pemanfaatan kemagnetan dalam produk teknologi 

10

 

 

   

64

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SEM

 

STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR

Perkiraan

Alokasi Waktu

 

KET

 

G  E   N    A   P

 IPA BIOLOGI 

 

 

 

 

 Waktudihitung menggunakan satuan Jam Pelajaran (JP)

40 menit

2. Memahami kelangsungan hidup makhluk hidup 

 

2.1    Mengidentifikasi kelangsungan hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan

6

 

 

 

2.2    Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada makhluk hidup

4

 

 

2.3    Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat dan penerapannya.

6

 

 

2.4    Mendeskripsikan  penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan 

6

 

 

.

 IPA FISIKA 

 

 

 

4. Memahami konsep kemagnetan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

 

4.3  Menerapkan konsep induksi elektromagnetik untuk menjelaskan prinsip kerja beberapa alat yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik 

 

8

 

  1. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya

5.1    Mendeskripsikan karakteristik sistem tata surya

 

 

8

 

 

5.2  Mendeskripsikan matahari sebagai bintang dan bumi sebagai salah satu planet

8

 

5.3  Mendeskripsikan gerak edar bumi, bulan, dan satelit buatan serta pengaruh interaksinya

 

8

 

5.4  Mendeskripsikan proses-proses khusus yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer yang terkait dengan perubahan zat dan kalor

8

 

 

 

5.5  Menjelaskan hubungan antarar proses yang terjadi di lapisan lithosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan 

8

 

 

   

70

 

 

 

 

                                                                                                                                …………………….., Juni 2009

Mengetahui                                                                         

Kepala ……………………                                                                                  Guru Mata Pelajaran

 

 

 

…………………………………..                                                                          ……………………………………

NIP.                                                                                                                        NIP.

Komentar»

1. agus w - Agustus 26, 2008

kok ngga kebaca ? apa mesti pake Adobe? thanks

2. Perubahan Pemetaan SK/KD Kelas IX « MGMP IPA SMP BANYUMAS - Mei 30, 2009

[...] SK&KD IPA 9 (baru) [...]

3. pandu - Oktober 31, 2009

kapan dilengkapi sekalian dengan kelas VII dan VIII

wakhidkurniawan - Januari 30, 2010

Kemungkinan dalam waktu dekat akan ada acara bintek KTSP. Intinya membuat perangkat sesuai dengan SK KD yang dipetakan.

4. sarjiya - Januari 29, 2010

biar ka gak mlenceng2 bacanya gmn ya…?

5. Kurnia - Juli 14, 2010

kami tunggu program terbaru dari mgmp di tahun 2010/2011, pa lagi mgmp komda 3. Setelah da program bermutu kok jadi prog yang lainnya terlupakan

6. titi - Juli 24, 2010

pakzuhri gimana kalau diadakanpelatihanoptimalisasial alat-alat laborat

7. titi - Juli 24, 2010

pak zuhri katanya mau menampilkan rpp hasil mgmp?kapan?

8. suharti - November 4, 2010

pak zuhri, kapan rpp dan silabus hasil mgmp tampil?

9. suharti - November 4, 2010

kapan silabus dan rpp mgmp tampil?

10. Feni , oppi , delfi ,nanda ,saidah - Februari 16, 2011

. Asslmualaikum

.pak trisnatun N bu ika gmna cra.a kami bsa lulus dg nilai yg baik
.pak tris klo ngjar jgan jutek dong
.hehehe just kiding
.brikan senyuman untuk klz 9D kenanglah anak” mu dan brikan motifasi yg baik
.mksih ya pak tris
.bu ika klo ngajar senyum.a mnis bget sih
.galak” ngasikin
.hehhehe
.(dont forget we 9D)

11. sukadi - Mei 27, 2011

Assalamu’alaikum
Salut ama krunya MGMP IPA SMP Banyumas, kami mesti banyak belajar lebih banyak. Mohon sharing infonya untuk kami di pedalaman. Wassalam

12. yancee - Juli 1, 2011

trimakasih atas filenya saya sangat terbantu dalam memetakan materi yang akan diajarkan krn saya mengajarkan materi kls IX

13. I Wayan Merta - Februari 23, 2012

Terimakasih atas imformasinya, kalo kru MGMP IPAnya punya analisis tujuan dan analisis pemetaan SK/KD mohon agar sudi kiranya berkenan mengirimkan ke kami, agar dapat digunakan sebagai panduan dalam penyusunan di MGMP IPA SMP di Kabupaten Karangasem Bali.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: